10 + Contoh Makalah

Assalamu'alaikum Wr. Wb.



Servis Komputer dan Laptop di Mukomuko

Sedikit cerita tentang service yang baru saja selesai di Enterkom Mukomuko, beberapa hari yang lalu masuk servisan berupa 2 unit laptop dan 1 unit komputer. Laptop untuk di kanibal karena salah satunya rusak pada lcd sedangkan yang satu lagi rusak pada bagian mesin kata yang punya.
kamipun langsung melakukan pengecekan. yang dicek terlebih dahulu adalah laptop dan benar saja bagitu dihidupkan yang satu lcdnya sudah pecah namun berhasil masuk ke bios, coba save bios bisa langsung masuk ke windows, hal ini biasanya keyboardnya ada yang rusak, namun tidak terlalu mengganggu, hanya waktu dihidupkan saja dia tidak langsung ke windows tetapi masuk ke sistem bios/uefi terlebih dahulu.
Lanjut cek laptop kedua, laptop ini sebenarnya dalam posisi nyala walau hanya seebatas bios, kemungkinan osnya error (minta instal ulang) atau memang hardisknya sudah tidak ada, lcd bergaris namun tidak terlalu mengganggu masih bisa dipakai, engsel tidak berfungsi dengan baik sehingga chasingnya patah.
OK. karna minta di jadikan satu laptop saja yang bagus bisa langsung dikerjakan. untuk CPU saya tinggal dulu, langsung proses penukaran lcd. Lanjut bongkar kedua lcd, bersihkan lalu lumasi engsel agar lancar, pasang kembali lcd di laptop tujuan, selesai tidak terlalu banyak kendala. Ppengerjaan saya mulai sebelum subuh selesainya sekitar jam 7 pagi. untuk komputer masih belum saya cek karena harus persiapan berangkat kerja.

Sepulangnya kerja saya mulai mengecek cpu. begitu tekan power gerak sedikit fannya langsung mati lagi, tes cabut memory fan mutar lama dan suara beep menandakan error pada memory saya mulai mengira kalau memory yang rusak, cari memory yang lain dan pasang di motherboard, masih error seperti semula, perkiraan berubah, bukan hanya memory tetapi juga motherboar, mungkin block memory ada yang rusak atau hanya short. saya tingkalkan dulu karena mata sudah mulai mengantuk. dalam kondisi ini kemampuan untuk berfikirpun berkurang.
Besoknya persiapan dinas keluar kota dan perbaikan CPU pun saya tinggal untuk beberapa hari. walaupun diluar kota saya juga sambil cek harga motherboard dan memory, lumayan juga bisa habis 1jt an kalau memang diganti MAKBOARD nya ini.
Begitu kembali ke Enterkom saya cek lagi CPU dengan harapan bisa diperbaiki tanpa mengganti makboard dan memorynya, apa gunanya tukang service bila hanya bisa ganti alat.. heheehe..
Makboardpun saya bongkar untuk di cek dengan lebih teliti, kaki fan processor sudah patah dan termal sudah mengering, sepertinya ini penyebabnya, kemudian bersihkan makboard untuk menghindari short. coba hidupkan kembali, tes dengan memory yg normal alhamdulillah beep pun menunjukkan kalau makboard sudah normal, disini saya sudah mulai senang, tidak perlu ganti makboard.
Namun begitu memory dia yang dipasang kembali error, coba rehot memory, alhamdulillah muncul tampilan bios. dapat disimpulkan CPU sudah hidup normal tinggal cek hardisk dan sistem, begitu dipasang hardisk pun bisa hidup namun setelah dimatikan susah dihidupkan kembali, power suplay sudah lemah.
saya biarkan hidup lama dan setelah masuk ke windows saya pakai untuk main game agar mamaboard kembali hot seperti mamamuda.
Sekian cerita servis malam ini.

Buat kakak-kakak, abang-abang, bapak/ibu yang ada kendala dalam bidang IT bisa menghubungi kami

Endra Enterkom
HP/Wa : 081315131513
Servis Komputer dan Laptop di Mukomuko

Servis Komputer dan Laptop di Mukomuko

Servis Komputer dan Laptop di Mukomuko

Servis Komputer dan Laptop di Mukomuko

Servis Komputer dan Laptop di Mukomuko

Servis Komputer dan Laptop di Mukomuko




contoh makalah gratis
kalau butuh contoh makalah gratis klik gambar di atas


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top